Selasa, 13 November 2007

RESENSI BUKU



Judul Buku : EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PEDOMAN
Teoretis Praktis Bagi Pragtisi Pendidikan
Pengarang : Prof. Dr. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar
Penerbit : PT Bumi Aksara
Tempat Penerbitan : Jakarta
Tahun Penerbitan : 2004
Cetakan : Pertama
Tebal Buku : 152 halaman
ISBN : 979-526-956-9

Program pendidikan sebagai penjabaran dari perencanan pendidikan harus dievaluasi dengan saksama, menggunakan strategi yang tepat sehingga hasilnya dapat di pertanggungjawabkan. Evaluasi terhadap program pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau kegagalan suatu program pendidikan dan hasil evaluasi dapat dijadikan informasi sebagai masukan untuk menentukan tindak lanjut dari program yang sedang atau telah dilaksanakan.
Buku ini dapat membantu bagi siapa saja yang sedang belajar mengevaluasi program, atau yang saat ini sedang menyiapkan langkah melakukan evaluasi program. Khususnya evaluasi program pendidikan.
Buku inipun dapat dijadikan pedoman dalam menilai/ mengevaluasi program pendidikan yang sedang berlangsung, baik pada tataran pusat sampai pada tataran bawah yaitu sekolah. Seperti kurikulum, prestasi/hasil belajar siswa, standar kompetensi, dll. Membaca dan menelaah isi program evaluasi saja tidaklah cukup bagi mereka yang ingin memperoleh keterampilan yang langsung diterapkan.
Secara umum saya menilai buku Evaluasi Program Pendidikan ini cukup baik dan cukup lengkap sebagai pedoman bagi para pendidik (guru dan kepala sekolah) serta orangorang yang terkait secara langsung dengan pendidikan dalam mengevaluasi dan menilai program pendidikan yang sedang berlangsung. Banyak hal yang bisa didapat dengan membaca buku ini kaitannya dengan evaluasi suatu kegiatan dan program pendidikan. Diharapkan dengan membaca buku ini dapat menambah wawasan pembaca mengenai aturan-aturan dan prosedur dalam mengevaluasi suatu program pendidikan.
Adapun dalam buku ini terdiri dai 7 (tujuh) bab yang secara umum penjelasannya sebagai berikut :
  • Bab Pertama membahas mengenai konsep dasar evaluasi program, (pengerian evaluasi program dan tujuan evaluasi (umum dan khusus))
  • Bab Kedua membahas tentang model dan rancangan evaluasi program, antara lain : (a) model yang menekankan pada objek sasaran, (b) model yang menekankan pada tahap atau langkah, (c) model gabungan antara objek sasaran dan langkah, dan (d) model yang menekankan pada kesenjangan
  • Bab Ketiga membahas tentang analisis kebutuhan dalam perencanaan evaluasi program, (evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu: subjektif dan objektif)
  • Bab Keempat membahas tentang tahap-tahap evaluasi program, (meliputi : Persiapan, Pelaksanaan, dan Monitoring pelaksanaan program)
  • Bab Kelima membahas tentang analisis data dalam evaluasi program pendidikan, (meliputi : analisis kuantitatif dan analisis kualitatif)
  • Bab Keenam membahas tentang menyusun laporan evaluasi (meliputi : yaitu: (a) ringkasan eksekutif, (b) pendahuluan, (c) kajian pustaka, (d) metodologi evaluasi, (e) hasil evaluasi, (f) kesimpulan dan rekomendasi, dan (g) daftar pustaka
  • Bab Terakhir membahas tentang tata tulis laporan.

Tidak ada komentar: